fbpx

0000012481

Mobil ternyata juga perlu dinyalakan dan dijalankan secara rutin. Jika tidak, akan ada banyak masalah yang terjadi.

Mobil, menurut salah satu situs ternama beberapa waktu lalu, setidaknya mesti dinyalakan, dipanaskan, dan dijalankan sekurang-kurangnya dua hingga tiga pekan sekali. Semakin tua usia mobil, semakin sering sang pemilik harus melakukan semua hal tersebut.

Problem pertama bagi mobil yang jarang dipakai ialah aki yang mudah soak. Setelah itu, bakal terjadi gejala flat spot pada ban.

Flat spot adalah permukaan ban yang tidak rata dan cenderung datar karena terus menerus menjadi titik tumpu dari beban kendaraan. Tekanan udara pada ban lambat laun akan berkurang pula.

5e1d4209a479e

Selain itu, oli berpotensi menggumpal. Tangki bensin pun akan menjadi lembab dan menimbulkan kemungkinan berkarat, apalagi jika bensin yang berada di dalamnya tidak banyak.

Tidak cukup sampai di situ. Kinerja mesin pelan tapi pasti akan berkurang, berbagai komponen yang terbuat dari logam bakal berkarat, dan komponen-komponen kelistrikan seperti kabel-kabel amat rentan dimakan tikus-tikus yang menjadikan kap mesin mobil sebagai 'rumah baru' mereka.

Memanaskan mobil secara selama 10 menit setiap dua hingga tiga minggu akan mengembalikan temperatur mesin ke level operasional yang normal. Bawalah juga mobil itu berjalan-jalan setidaknya 16 km dengan kecepatan hingga 80 km per jam.

Hal ini untuk membiarkan listrik aki terisi kembali, juga menggerakkan berbagai komponen kendaraan seperti mesin, rem, suspensi serta kaki-kaki, transmisi, hingga power steering.