Aki Amaron Untuk Performa Kendaraan yang Optimal

Siapa yang tidak kenal aki Amaron? Di lingkungan para pengendara di Indonesia, Amaron termasuk salah satu brand aki yang cukup populer. Karena selain memberi ketahanan yang tinggi, juga tidak perlu sering-sering menambahkan air. Karena telah dilengkapi dengan teknologi irit penguapan.

Amaron adalah produk aki yang diimpor langsung dari India. Diproduksi oleh Amara Raja Batteries yang didirikan pada tahun 1985. Sebelum mengeluarkan Amaron, perusahaan ini telah mengeluarkan produk baterai otomotif dengan teknologi zero maintenance. Baterai ini mampu menerobos pasar dunia hingga ke Malaysia, Filipina, Australia, hingga di Indonesia.

Kelebihan Aki Amaron untuk Performa Terbaik Mobil

Jika ditanya apa yang membedakan aki Amaron dengan brand aki lainnya? Karena Amaron memiliki banyak kelebihan ini :

  1. Silven x Alloy

Sebagaimana yang diketahui bahwa aki basah cukup merepotkan jika digunakan untuk negara yang sering mengalami musim panas. Karena air yang ada di dalamnya harus sering-sering diisi agar aki tetap berfungsi dengan baik. Tentu ini cukup merepotkan.

Amaron dilengkapi dengan teknologi Silven x Alloy. Yaitu sebuah teknologi yang menyematkan zat silver di dalam cell baterainya. Membuat cell mampu menyimpan daya lebih lama. Menjadikan daya listrik lebih stabil jika dibandingkan dengan cell biasa.

Tak hanya itu saja. Teknologi Silven x Alloy ini juga mampu mendorong starter lebih kuat. Dan juga lebih tangguh terhadap getaran kendaraan. Menjadikan Amaron lebih kuat dipakai mobil-mobil 4WD ketimbang kompetitornya.

  1. Cold Cranking Ampere yang Tinggi

Yang dinamakan dengan Cold Cranking Ampere (CCA) adalah rating yang di berikan untuk sebuah aki. Sebagai tanda seberapa mampu komponen ini untuk memberikan arus daya listrik yang besar ke mesin dengan menggunakan hitungan 0,5 – 1 detik di kondisi dingin.

Itu berarti, semakin besar CCA nya, semakin tangguh dan susah soak akinya. Aki Amaron memiliki CCA yang cukup tinggi sehingga lebih tangguh, awet dan juga tahan lama. Sehingga bisa mensupport performa mobil dengan optimal dalam waktu yang relatif lebih lama daripada aki lainnya.

  1. Dirancang Untuk Mobil dengan istop yang Revolusioner

Contoh saja mobil Mazda dengan teknologi Skyactiv istop yang sangat revolusioner. Kenapa bisa disebut dengan revolusioner? Karena mesinnya akan mati secara otomatis saat macet dan rem diinjak. Dan pada saat rem dilepas, mesin akan menyala sendiri secara otomatis.

Tahukah Anda? Meski memiliki teknologi Skyactiv istop yang revolusioner, namun nyatanya, mobil Mazda merupakan mobil yang cukup ribet dalam penggantian aki. Karena harus menggunakan CCA yang cukup tinggi dengan ukuran aki yang sama.

Lalu bagaimana jika tidak? Aki yang dipakai sembarangan justru akan merusak teknologi istop-nya. Maka dari itu, diperlukan aki dengan CCA yang cukup tinggi. Beruntung Amaron dibekali CCA hingga 600 dan 700. Cukup untuk mendukung mobil Mazda dan mobil-mobil canggih keluaran terbaru secara optimal.

  1. Quick Engine Start-up

Rating CCA yang rendah menjadi salah satu penyebab mobil sulit untuk distarter. Namun Anda tidak perlu khawatir. Aki Amaron memiliki Cranking power yang cukup tinggi. Sehingga bisa menyalakan mesin dengan lancar dalam suhu seekstrim apapun. Atau suhu sepanas atau sedingin apapun. Membuat start-up mesin menjadi lebih cepat tanpa harus rewel seperti jika menggunakan aki biasa.

Selain itu, daya listrik yang disuplai juga cukup tinggi. Ini karena adanya pengurangan resisten internal dari calcium alloy. Sehingga mesin lebih cepat nyala terutama di situasi darurat.

  1. Awet dan Tahan Lama

Aki Amaron cukup layak digunakan untuk kendaraan di iklim tropis atau panas seperti di Indonesia. Ini karena rendahnya self-discharge atau pengurangan daya pada aki. Sehingga tidak perlu sering-sering menambah air pada aki. Membuat umur aki lebih lama dibandingkan dengan aki lainnya.

Peningkatan resistensi aki terhadap vibrasi dan shock juga lebih tinggi. Sehingga aki tahan lama jika digunakan untuk melewati medan yang ekstrim dan bergelombang. Paling tepat digunakan untuk medan jalan di Indonesia yang bergelombang, naik turun bukit, hingga melewati jalan dengan tingkat kerusakan yang cukup parah.

  1. Memberi Garansi yang Cukup Lama

Tidak perlu khawatir jika membeli aki Amaron. Karena produsen memberi waktu garansi yang cukup lama. Yaitu 12 bulan sejak awal pembelian. Ini memungkinkan Anda untuk bisa mendapat ganti aki baru jika mengalami aki soak di awal-awal pembelian.

Inilah alasan mengapa Amaron adalah aki yang bisa dipertimbangkan. Terutama jika Anda membeli mobil mewah buatan Eropa. Dengan teknologi mutakhir dan daya tahan yang tinggi, aki ini bisa dijadikan pilihan untuk berkendara yang lebih optimal.

Jenis-jenis Aki Amaron Hi Life Duro

Ada tiga jenis Aki Amaron yang banyak dijual di pasaran. Yaitu jenis Hi Life Duro, Hi Life Go, dan jenis Hi Life Pro Din. Pertama akan dibahas dulu tentang jenis Hi Life Duro. Ada beberapa tipe aki pada jenis ini. Antara lain :

  1. Aki Amaron 85D23R / 85D23L

Ini termasuk jenis aki kering dengan kapasitas 12 volt dan tegangan 60 Ah. Keunggulannya tahan terhadap getaran mesin, berkapasitas 110 RC, serta ramah lingkungan. Berukuran panjang 232 mm, lebar 173 mm, tinggi 225 mm dan memiliki berat 12 kg. Memiliki rating CCA sebesar 550. Cocok untuk mobil-mobil yang menggunakan teknologi istop.

Aki tipe ini biasa digunakan untuk beberapa jenis mobil. Seperti SUV, MPV dan sedan, yaitu seperti

Kendaraan Merk Jenis
Mobil Nissan Teana, X-Trail
Toyota Camry, Harrier
Chevrolet Captiva
Hyundai Trajet
  1. Aki Amaron BH 85D23L

Aki Amaron dengan Kapasitas 12V dan tegangan 60 AH. Berukuran Panjang 232, lebar 173 dan tinggi 225. CCA masih sama seperti tipe yang sebelumnya, yakni 550.

Bisa digunakan pada kendaraan :

Kendaraan Merk Jenis
Mobil Nissan Murano, Serena, Teana, X-Trail, Juke
Suzuki Grand Escudo 2, Grand Vitara Bensin
Toyota Alphard lama, Camry, New Camry, Fortuner Bensin, Innova lama, Rav 4, Avensis, Kluger, Harrier
Mitsubishi Grandis, New Lancer, Outlander, Mirage
Kia Pride 1.5, Sportage, All New Rio, Carnival Bensin. Sedona Bensin
Hyundai Tucson, Grand Avega, Elantra, Trajet, New Santa Fe Bensin
  1. Aki Amaron 95D26L

Aki dengan kapasitas 12V dan tegangan 65 AH. Berdimensi panjang 260, lebar 173, dan tinggi 225. Memiliki lebih besar dari tipe sebelumnya yakni CCA 600.

Kendaraan Merk Jenis
Mobil Nissan Sunny, Elgrand Baru, Navara, Teana, X-Trail, Serena,
Toyota Harrier, Prado, Innova Bensin, Fortuner Bensin, Land Cruiser Bensin, Innova Diesel, Fortuner Diesel, Alphard, Vellfire lama
Mtsubishi Pajero
Honda Accord Maestro, Cielo Sv 4At
Ford Escape, Gala, Laser, Telstar Tx5
Hyundai Santa Fe, Elantra, Trajet
Kia Carnival Bensin, Sedona Bensin
  1. Aki Amaron 95D26R

Ini termasuk jenis aki kering berkapasitas 65 Ah dan bertegangan 12 volt. Berdimensi standar dengan panjang 260 mm, lebar 173 mm dan tinggi 225 mm dan total tinggi 227 mm (plus terminal). Rating CCA masih sama seperti seri L, 660. Sangat kuat untuk support mobil-mobil dengan teknologi istop.

Aki ini cocok untuk mobil-mobil ini :

Kendaraan Merk Jenis
Mobil Nissan Sunny, Elgrand Baru, Navara, Teana, X-Trail, Serena,
Ford Escape, Gala, Laser, Telstar Tx5,
Hyundai Santa Fe, Elantra, Trajet
Kia Carnival Bensin, Sedona Bensin
Toyota Innova Bensin, Harrier, Prado, Fortuner Bensin, Land Cruiser Bensin, Innova Diesel, Fortuner Diesel, Alphard, Vellfire Non Start Stop
Mitsubishi Pajero Exceed
Honda Accore Maestro, Cielo Sv 4At
  1. Aki Amaron 105D31L

Aki dengan kapasitas 80 Ah dan tegangan 12 Volt. Berdimensi panjang 306 mm, lebar 172 mm, tinggi 204 mm dan total tinggi plus terminal 225 mm. Dengan rating CCA sebesar 670.

Paling tepat untuk mobil :

Kendaraan Merk Jenis
Mobil Isuzu D-Max, Mu X
Ford Escape, Ranger
Hyundai Santa Fe, H-1, Sonata, Trajet
Kia Carnival, Sedona, New Sportage
Nissan Patrol, Elgrand
Peugeot 604, 806, 807
Mitsubishi Pajero
Toyota Innova Diesel, Fortuner Diesel, Hilux, Vellfire, Land Cruiser, Sahara
  1. AKI AMARON HI LIFE BH 105D31R/L

Termasuk jenis aki kering berkapasitas 80 Ah dan tegangan 12 V. Panjang 306 mm, lebar 172 mm, tinggi 204 mm, dan total tinggi dengan terminal 225 mm. Memiliki rating CCA yang beesar dengan nilai 670.

Paling tepat untuk mobil berikut :

Kendaraan Merk Jenis
Mobil Isuzu Elf
Ford Ranger
Hyundai Grace, New Santa Fe Diesel
Toyota Hi-Ace Diesel, Land Cuiser, Fortuner
Mitsubishi Colt L30, L200, Pajero Jeep, Strada Triton, Pajero Sport Diesel
Kia Carnival Solar, Sedona Diesel
Nissan Navara, Paterol
Chevrolet Captiva Diesel Non Facelift

Aki Amaron Jenis Hi Life Go MF 95D31L

Aki Amaron dengan kapasitas 80 Ah dan tegangan 12 V. Berdimensi panjang 306 mm, lebar 173 mm, tinggi 204 mm dan total tinggi plus terminal mencapai 227 mm. rating CCA-ny mencapai 600. Bisa menjadi pilihan mobil-mobil istop.

Biasa digunakan untuk mobil :

Kendaraan Merk Jenis
Mobil Isuzu D Max, Mu X
Ford Escape, Ranger
Hyundai Santa Fe, Sonata, Trajet
Toyota Fortuner Diesel, Hilux, Vellfire, Land Cruiser, Sahara
Mitsubishi Pajero
Kia Carnival, Sedona, New Sportage
Nissan Patrol, Elgrand
Peugeot 604, 806, 807

Tipe Aki Jenis Hi Life Pro Din

Ada beberapa tipe aki Amaron jenis Hi Life Pro Din yang banyak dijual di pasaran. Seperti :

  1. Aki Amaron 65B24LS

Aki ini berkapasitas 45 Ah dan bertegangan 12 V. Berdimensi panjang 238 mm, lebar 129 mm, tinggi 203 mm, dan total tinggi 227 mm. Sayangnya reting CCA-nya hanya mencapai 420.

Biasa digunakan untuk mobil-mobil berikut :

Kendaraan Merk Jenis
Mobil Ford New Laser
Hyundai Santa Fe, Sonata, Trajet
Toyota Kijang Innova, Yaris, New Vios
Mitsubishi Grandis
Mazda Interplay, Lantis, Familia
Honda New Accord, CRV, New Civic, Odyssey, New Stream, HRV
  1. 100D26L BH

Aki Amaron 100D26L BH termasuk jenis aki kering atau free maintenance. Bertegangan 12 volt dan kapasitas 70 Ah. Dengan rating CCA yang powerfull di angka 675.

Biasa digunakan untuk mobil :

Kendaraan Merk Jenis
Mobil Ford New Laser
Hyundai New Santa Fe
Toyota Innova Diesel, Harrier, Prado, Fortuner Diesel
Mitsubishi Pajero
Mazda CX 7, CX 9
Kia Carnival Bensin, Sedona Bensin
  1. Aki Amaron Din 45

Amaron Hi Life Pro DIN45 NS60 termasuk jenis aki kering atau maintenance free. Memiliki tegangan 12V dan kapasitas 45 Ah. Berdimensi panjang 207mm, lebar 175mm, dan tinggi 175 mm. Serta memiliki CCA rating 365. Tidak disarankan untuk mobil-mobil dengan teknologi istop.

Paling tepat digunakan untuk mobil :

Kendaraan Merk Jenis
Mobil Peugeot 206
Suzuki New Swift (ST/GT), SX-4 Cross Over, Caribian
Toyota Corona Series, All New Rush
  1. Aki Amaron Din 66

Aki Amaron Din 66 memiliki tegangan 12V dan kapasitas 66 AH. Berdimensi panjang 242mm, lebar 175 mm, dan tinggi 190 mm. Memiliki CCA hingga 590.

Paling tepat digunakan untuk mobil berikut :

Kendaraan Merk Jenis
Mobil Peugeot 206, 306, 405, 605
Renault Kango, Megane Series
Kia Carens, Shuma
BMW 318, 323
Hyundai Coupe, Sonata, Xg, Getz
Toyota Fortune Srz Bensin, Innova Reborn Bensin
Ford Fiesta Upgrade
Chevrolet Trax Upgrade, Spin Bensin Upgrade
  1. AKI AMARON DIN 100

Memiliki tegangan 12V dan kapasitas 100 Ah. Berdimensi panjang 351 mm, lebar 175 mm, dan tinggi 190 mm. Serta memiliki CCA 900.

Paling cocok digunakan untuk mobil-mobil :

Kendaraan Merk Jenis
Mobil Audi All Product
Jaguar S Series 2.5/3.0
Land Rover New Ranger Rover
BMW All Series
Mercy All Series
Chevrolet Captiva Diesel FL

Kesimpulan

Aki Amaron adalah aki yang diimpor dari India. Diproduksi oleh Amara Raja Batteries. Sangat cocok digunakan untuk kendaraan di negara yang sering mengalami cuaca ekstrem baik panas maupun dingin. Memiliki banyak kelebihan dan tipe yang bisa disesuaikan dengan jenis kendaraan.

Pin It on Pinterest

Share This